WWW.JADITAUKAN.BLOGSPOT.COM

SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI, SELAMAT MEMBACA ARTIKEL- ARTIKEL KAMI YANG PENUH DENGAN INFORMATIF, DAN JIKA ARTIKEL ANDA INGIN DIMUAT DI WEB SITE INI KIRIMKAN ARTIKEL ANDA KE EMAIL : JADITAUKAN@GMAIL.COM TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN DAN PARTISIPASINYA

PERNAH MEMELIHARA PONGPONGAN..?

Dalam bahasa Jawa, "kelomang" disebut "pong-pongan". tapi klo pas SD dulu banyak yg nyebut kelomang dengan kata "kepompong". mungkin dr kata pong-pongan kali ya...... 
dulu aq pernah melihara pas masih SD, tapi mati karena aq ga tau klo kelomang itu perlu moulting (ganti pasir) di bawah pasir. jadi klo kelomang lg moulting, malah aq gali2 pasirnya buat nyuruh kelomangnya keluar dr pasir :D 

selain itu aq juga ga tau klo kelomang itu butuh cangkang yg lebih besar, jadi aq ga mempersiapkan cangkang kosong buat kelomang, akhirnya mereka mati karena ba punya baju yg lebih besar alias cangkang untuk ukuran tubuh merekayg bertambah besar...... 



Cara pemeliharaan kelomang : 
1. Sediakan tempat (crabitat) yang memadai baik luas maupun tingginya, misalnya aquarium atau box plastik, agar kelomang leluasa bergerak. Perhatikan, agar jangan sampai ada sarana yg bisa membuat kelomang dengan mudah keluar dari crabitat. Jika diberi penutup jangan lupa di beri lubang-lubang udara. 
2. Pasir sebagai alas crabitat dan sarana moulting yang aman. Sediakan pasir dengan ketebalan secukupnya kelomang dapat mengubur diri. Pada pagi hingga sore hari, kelomang mempunyai kebiasaan mengubur diri dalam pasir. Mereka akan keluar di malam hari untuk mencari makan. Pasir yang cukup tebal yang dapat membantu proses moulting (ganti kulit) secara alami dan aman dari kelomang lainnya. 
3. Sediakan tempat makanan dan minuman. 
Makanan : - kelapa (paling suka), - buah buahan yang manis seperti mangga, pepaya, jambu , - pelet makanan ikan/kura, - udang - ikan - tulang sotong sebagai sumber calcium dan - Lain-lain, mereka pada dasarnya mau makan apa aja (scavengers). Minuman : sebaiknya air tawar matang dalam jumlah cukup banyak. 
4. Air laut. Kelomang sangat suka bermain (snorkeling), mengisi cangkang dan minum air laut. Sediakan air laut di tempat cukup besar agar bisa berendam. Berdasarkan pengamatan, kelomang lebih suka nyemplung di air laut dari pada air tawar. tapi ini sifatnya hanya komplementer, ga harus dilakukan klo susah untuk dapetin air laut. 
5. Cangkang-cangkang kosong. Sediakan selalu berbagai ukuran cangang kosong sedikit lebih besar dari cangkang lamanya, lihat dari ukuran lubang cangkang. Kelomang sangat menyukai cangkang turbo/turban walaupun tidak menutup kemungkinan mau menggunakan cangkang jenis lainnya. Mereka akan pilih sendiri cangkang yang dikehendaki. 
6. Dekorasi yang berguna. Dekorasi yang berguna bagi kelomang adalah yang dapat digunakan untuk bersembunyi atau sarana yang dapat dipanjat seperti kayu kering (yang biasa buat aquarium atau kayu apa aja), batu karang, tanaman. Selain suka main air, kelomang juga suka memanjat dan sembunyi dibawah kayu atau batu ini. Tanaman tidak mutlak dan cepat rusak karena di panjat dan di gigit gigit namun bisa menciptakan ke asrian dalam crabitat. 
7. Penempatan crabitat. Jangan ditempatkan di tempat yang terkena matahari langsung, kalau kepanasan, kelomang bisa dehidrasi dan keluar dari cangkang lalu mati. Sebaiknya letakkan crabitat di tempat yang agak terlindung namun boleh juga bila masih mendapat sinar matahari pagi. Tidak diperlukan lampu khusus seperti pada pemeliharaan reptil atau ikan. Sebaiknya juga tidak ditempatkan di ruang ber AC karena di alamnya mereka hidup di daerah pantai yang panas, pasti lebih dari 28 derajat Celcius. 
8. Moulting. Strawberry dengan ukuran large ke atas, mengalami process moulting kurang lebih setahun sekali. Bila ada anggota badan (kaki dan capit) yang putus, Strawberry akan mendapatkan kaki/capit baru melalui process moulting ini. Jika anggota badan yang putus lebih dari satu, ada kemungkinan akan mengalami beberapa kali moulting secara berturut-turut, sampai lengkap seluruh anggota badannya. Semua kelomang yang moulting alami akan mengubur diri dalam pasir memakan waktu sekitar 1 bulan. Jadi kalau tiba2 kelomang mengubur diri dalam pasir dalam waktu yang lama, jangan diganggu, diamkan saja sampai dia selesai moulting dan mucul dengan sendirinya ke permukaan. Dalam process moulting ini, kelomang berpuasa. Setelah moulting selesai, kelomang akan langsung mencari makanan dan air, jadi sediakan makanan dan air yang cukup.

4 comments:

  1. Pernah gan, waktu itu ane beli eh keesokannya dia keluar sendiri dari cangkangnya.. gak tau kemana :O

    Jika berkenan, silahkan kunjungi blog sederhana ini http://puloblog.blogspot.com
    Saya sangat berterima kasih jika sobat mau berkunjung :)

    ReplyDelete
  2. Ane pernah nih melihara ini waktu SD kwkww
    namanya kalo tempat ane Umang-umang

    www.viapedo.com

    ReplyDelete
  3. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699

    ReplyDelete
  4. Barusan aku nemu pong-pongan di teras rumah mbah uti, padahal rumah ga deket pantai, kok bisa ya dia bertahan hidupšŸ˜²

    ReplyDelete